Tips Merawat Wajah yang Berminyak dan Berjerawat secara Alami

Manusia memiliki berbagai macam jenis kulit, ada yang memiliki jenis kulit kering, kulit berminya, kulit normal, kulit sensitif, ataupun kulit kombinasi yaitu kombinasi antara kulit berminyak dan juga berjerawat. kulit berminyak memang identik dengan kulit yang mudah berjerawat karena jerawat muncul akibat produksi minyak berlebih dan akibat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Kulit normal merupakan idaman bagi semua wanita, karena kulit normal tidak akan membuat banyak masalah, beda halnya dengan kulit berminyak, kulit sensitif, dan kulit berjerawat.

Penting bagi anda untuk mengetahui jenis kulit yang anda miliki karena perawatan yang salah dapat menyebabkan masalah dan hal-hal yang tidak diinginkan seperti munculnya jerawat misalnya. Kulit berminyak merupakan kulit yang mudah memproduksi dan mngeluarkan minyak, untuk kulit berminyak biasanya akan membuat wajah anda terlihat lebih mengkilap dan biasanya make up akan mudah luntur saat digunakan. Kulit berminyak dapat menyebabkan jerawat, kulit menjadi cepat kusam, dan juga pemicu munculnya komedo.

Hal ini karena kandungan minyak di wajah yang menumpuk di pori-pori kulit wajah. jika sudah demikian, masalah kulit akan menjadi sangat kompleks dan banyak. Semua wanita pasti ingin memiliki kulit wajah normal yang terbebas dari masalah kulit seperti jerawat dan komedo, namun biasanya seseorang yang memiliki aktifitas yang sering dilakukan di luar ruangan cenderung memiliki masalah kulit ini akibat polusi. Tapi, jangan khawatir perawatan wajah yang tepat dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan jerawat uang ada pada kulit wajah anda. Anda juga dapat melakukan perawatan ini di rumah, tanpa harus ke salon kecantikan. Penasaran bagaimana caranya, langsung saja yuk ikuti beberapa tips berikut.

panduan merawat wajah berminyak berjerawat secara alami » Tips Merawat Wajah yang Berminyak dan Berjerawat secara Alami

Beberapa bahan dan cara alami untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat

  1. Masker Mentimun

Untuk merawat wajah yang berminyak dan berjerawat, cobalah jadikan mentimun sebagai masker wajah. Mentimun yang biasanya dijadikan sebagai lalapan ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai masker yang dapat merawat dan mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat anda. Mentimun memiliki kandungan zat astringent yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah dan secara otomatis dapat mengurangi jerawat juga. Ada dua cara yang bisa anda lakukan:

  • Cara Pertama

Untuk cara pertama anda dapat menjadikan menstimun sebagai masker dengan mudah sekali. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memotong ketimun dengan bentuk bulatan tipis, lalu tempelkan ke seluruh wajah, diamkan dan tunggu sekitar 15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Cara kedua

Cara kedua dalam membuat masker mentimun adalah dengan menghancurkan dan menghaluskan mentimun dengan menggunakan alat penghalus misalnya blender, kemudian tempelkan pada seluruh wajah, diamkan selama 15 menit. kemudian basuh dengan menggunakan air hingg bersih.

Dengan menggunakan masker timun ini anda akan merasakan wajah yang segar dan minyak juga akan berkurang.

  1. Jeruk nipis/lemon

Jeruk nipis dan lemon ternyata juga terbukti ampuh dalam mengurangi minyak berlebih  dan juga jerawat. Untuk mengatasi masalah kulit yang berminyak tanpa jerawat, anda dapat menggunakan jeruk nipis. Namun, apabila kulit anda merupakan kombinasi dari kulit berminyak dan berjerawat saya sarankan anda menggunakan lemon untuk mengatasi masalah tersebut. Jeruk nipis dan lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C akan membantu regenerasi kulit anda, selain itu kandungan zat asam dan astringent yang aktif juga dapat masalah kulit berminyak dan berjerawat anda. Caranya mudah sekali, untuk kulit berjerawat dan berminyak gunakan perasan air lemon untuk dijadikan masker ke seluruh wajah. kemudian jangan buang kulit lemonnya, anda dapat menggosok-gosokkan secara lembut kulit lemon ke wajah anda.Diamkan sekitar 15-30 menit hingga meresap dan kering, lalu bilas hingga bersih.

  1. Masker madu

Madu memiliki kandungan yang sangat baik untuk menutrisi kulit wajah dan menjadikan kulit wajah lembab secara alami dan juga dapat menyembuhkan jerawat yang ada di kulit wajah anda. Madu dapat dijadikan masker untuk mengatasi masalah tersebut. Cara penggunaannya juga cukup mudah, siapkan madu murni lalu oleskan pada wajah anda sebelum mengaplikasikan masker madu bersihkan wajah terlebih dahulu. Diamkan beberapa menit, tunggu hingga masker meresap lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin. Anda dapat menambahkan perasan lemon ke dalam madu untuk kulit wajah yang berminyak sekaligus berjerawat.

  1. Tanah liat

Tanah liat ternayata juga sangat ampuh untuk mengusir minyak berlebih dan jerawat pada wajah karena tanah liat mampu menyerap kadar minyak berlebih yang ada pada wajah. Cara menggunakannya juga cukup mudah, siapkan 1 sendok makan tanah liat dan perasan lemon sebagai campurannya. Campur rata kedua bahan hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah dengan bantuan kuas wajah. Diamkan dan tunggu hingga kering sekitar 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

  1. Air mawar

Air  mawar dapat menjadi pilihan bagi anda untuk dijadikan sebagai campuran masker agar fungsinya lebih maksimal. Air mawar juga dapat dicampurkan dengan air putih untuk dijadikan sebagai pencuci wajah yang berminyak dan berjerawat. Dalam dunia kecantikan air mawar bermanfaat untuk merelaksasikan kulit wajah, sehingga wajah akan tampak lebih segar.

  1. Seledri

Kandungan vitamin A, B1 , B2 dan juga vitamin C yang ada di seledri bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah anda. senyawa 3n-butilphalida yang ada pada seledri juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, potong seledri lalu rebus dengan air hingga mendidih kurang lebih sekitar 15 menit. Dingin air rebusan seledri lalu jadikan sebagai pencuci wajah, kemudian bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

  1. Menjaga kebersihan wajah

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat anda harus rajin menjaga kebersihan muka, misalnya pada saat anda selesai beraktifitas di luar rumah bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan menggunakan pembersih wajah seperti milk cleanser dan penyegarnya. Setelah itu, anda dapat mencuci bersih muka anda dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah berminyak dan berjerawat.

  1. Memilih produk kecantikan yang sesuai

Jangan berganti-ganti produk kecantikan dan jangan meniru kosmetik yang digunakan oleh orang-orang disekitar kita, karena dari segi kulit setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Salah dalam penggunaan kosmetik juga justru akan membuat wajah anda menjadi berminyak dan berjerawat. Jadi, pilihlah produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Hindari juga penggunaan make up yang terlalu tebal bagi anda yang memiliki wajah berminyak dan berjerawat, kalaupun menggunakan make up gunakan bedak tabur yang dapat menyerap minyak berlebih dan hindari penggunaan bedak compact/padat.

  1. Konsumsi air putih secara cukup

Cukup dalam mengkonsumsi air putih akan membantu anda mengeluarkan racun-racun dalam tubuh sehingga tubuh anda akan menjadi sehat begitu juga kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Minimal anda harus mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan dirumah untuk mengatasi dan merawat kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Semoga bermanfaat.