Panduan Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Alami

Panu atau Tinea versicolor merupakan penyakit kulit yang sering di alami oleh kebanyakan orang. biasanya panu muncul pada permukaan kulit dibagian tubuh mana saja, termasuk juga wajah. Adanya panu disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang ada pada kulit. Selain dapat menyerang wajah, panu juga dapat menyerang beberapa bagian tubuh seperti leher, tangan dan punggung. Panu yang berada di wajah dapat menyebabkan seseorang kurang percaya diri dengan penampilannya, terutama bagi kaum wanita.

Panu memiliki sifat menular dimana jamur yang ada pada kulit akan terus tumbuh dan menjalar ke bagian tubuh lainnya. Adanya panu biasanya dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Selain dapat menyebabkan rasa gatal, panu merupakan penyakit kulit yang memiliki ciri-ciri yaitu kulit akan tampak putih dan dapat melebar ke bagian kulit yang lainnya. Bagi anda yang memiliki penyakit kulit berupa panu yang tumbuh di bagian wajah, anda tidak perlu khawatir. Artikel akan membahas secara mendalam bagaimana cara menghilangkan panu yang ada di wajah secara cepat dan alami agar yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda kembali.

cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat dan alami » Panduan Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Alami

Faktor-faktor penyebab yang dapat memunculkan panu

  1. Pemakaian handuk bersama

Memakai handuk bersama dengan orang lain yang terkena panu akan menyebabkan anda terkena panu juga, hal ini karena panu memiliki sifat yang menular. Untuk itu hindari pemakaian handuk dengan seseorang yang memiliki penyakit panu di kulitnya agar anda tidak tertular.

  1. Keringat yang berlebihan

Tumbuh dan berkembangnya jamur dalam waktu yang singkat dapat disebabkan oleh adanya keringat yang dikeluarkan oleh tubuh secara berlebihan. Suhu yang panas akan menyebabkan anda lebih mudah untuk mengeluarkan keringat. Keringat inilah yang memicu timbulnya jamur dan menyebabkan jamur.

  1. Sering terkena sinar matahari

Bagi seseorang yang sering terkena sinar matahari yang sangat terik juga dapat memicu timbulnya jamur yang dapat menyebabkan adanya penyakit panu.

  1. Suhu udara

Shu udara yang panas dapat menyebabkan kita banyak mengeluarkan keringat, dan keringat dapat menjadikan pakaian kita lembab. Jamur akan cepat tumbuh saat pakaian lembab, sehingga dapat menyebabkan munculnya panu akibat adanya jamur.

Nah, sudah tahukan hal-hal apa saja yang dapat memicu timbulnya penyakit kulit seperti panu. Sekarang pasti anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi masalah kulit seperti panu, khususnya panu yang ada di wajah. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan panu di wajah secara cepat dan alami dengan menggunakan bahan alami.

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan panu

  1. Bawang putih

Bawang putih yang biasanya kite temui di dapur ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat panu. Senyawa anti bakteri yang ada pada bawang putih dapat membunuh kuman dan jamur yang tumbuh di kulit tubuh termasuk kulit wajah serta juga dapat meredakan gatal yang disebabkan oleh panu. Caranya juga sangat mudah:

  • siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih,
  • potong bawang putih dengan ukuran yang kecil-kecil
  • tempelkan potongan bawang putih pada kulit wajah yang terkena panu
  • selain itu, gosokkan bawang putih ke daerah wajah yang terkena panu, jika anda merasa perih hentikan karena daya tahan dan sensitifitas kulit setiap orang berbeda-beda.
  • Lakukan teknik ini secara rutin dan teratur sebanyak 2 kali sehari sebelum dan sesudah mandi.
  1. Lengkuas

Lengkuas yang juga merupakan bumbu dapur juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah. lengkuas memiliki kandungan senyawa kuersetin, flavonoid, dan amilum yang berguna untuk mengatasi masalah jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan panu pada kulit termasuk kulit wajah. Lengkuas merupakan cara tradisiona untuk menghilangkan jamur di kulit sejak jaman dulu, jadi penggunaannya sudah tidak diragukan lagi. Berikut caranya:

  • Ambil dan siapkan 1 ruas lengkuas yang sudah dibersihkan dan dicuci.
  • Potong atau belah lengkuas menjadi beberapa bagian
  • Gosokkan lengkuas yang sudah dibelah ke area wajah yang terkena panu, hindari penggunaan di dekat daerah mata.
  • Agar hasil lebih maksimal anda dapat menambahkan garam pada bagian luar lengkuas kemudian gosok-gosokkan garam ke bagian panu.
  • Lakukan metode ini hingga 3 kali sehari, lakukan sampai panu menghilang.
  1. Jeruk nipis dan Belerang

Belerang sangat ampuh dalam menghilangkan jamur penyebab panu, kadas dan kurap. Untuk lebih maksimal dalam menghilangkan jamur, anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai campuran belerang. Campuran dua bahan ini memang terdengar cukup ekstrim untuk membuat panu hilang pada wajah. anda dapat mengoleskan campuran dari kedua bahan ini ke wajah secara teratur untuk menghilangkan panu.

Cara ini termasuk cara yang aman dan tidak menimbulkan efek samping dari penggunaannya, karena belerang sendiri sudah dipercaya sejak zaman dahulu dapat menyembuhkan aneka macam penyakit kulit. namun dalam melakukan cara-cara yang alami anda harus cukup sabar dan telaten dalam melakukannya. Cara menggunakan kedua bahan juga cukup mudah, tumbuk halus belerang kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis, aduk hingga rata dan menjadi pasta kemudian oleskan pada wajah yang terkena panu. Lakukan teknik ini secara rutin 2 hingga 3 kali sehari sampai panu menghilang.

  1. Jahe

Jahe ternyata juga efektif dalam menghilangkan panu yang ada di wajah. sebagian orang mungkin tidak banyak yang tahu tentang khasiat jahe yang satu ini, padahal jahe juga merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai obat panu yang efektif dan cepat untuk menghilangkannya. Cara penggunaannya juga cukup sederhana, potong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih, lalu oleskan ke bagian wajah yang terkena panu. Zat anti jamur yang terdapat dalam jahe dapat membunuh jamur yang menyebabkan jerawat sampai ke akarnya, lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari hingga panu hilang.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah panu yang ada di wajah. cara penggunannya juga cukup mudah, ambil satu batang lidah buaya kemudian belah lidah buaya menjadi dua bagian, keluarkan gel lidah buaya lalu oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah yang terkena panu. Lidah buaya juga dapat mengurangi rasa gatal akibat panu.

  1. Daun pare

Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit, pare biasanya dikenal dengan sebutan paprika. Namun, yang akan kita bahas disini adalah daun dari sayur pare. Daun pare dapat digunakan sebagai obat tradisional pembasmi panu. Caranya adalah dengan mengoleskan daun pare yang sudah ditumbuk halus dan sudah ditambahkan kapur sirih ke area wajah yang terkena panu, hindari daerah sekitar mata. lalu biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa panduan cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan panu yang ada diwajah secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk menghilangkan panu. Anda dapat memilih salah satu bahan alami yang cocok dengan kulit wajah anda. semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.