Pahami Risiko Memakai Smartphone Spesifikasi Rendah Untuk Bermain Game Berat

Bukan hanya teknologinya saja yang terus berkembang, fungsi dari smartphone semakin lama juga semakin bergeser.

Dari semula digunakan sebagai alat untuk komunikasi, smartphone masa kini justru makin sering digunakan untuk alat bermain game.

Tak bisa dipungkiri, hal tersebut memang sedikit banyak dipengaruhi karena industri gaming mobile juga sedang naik daun di masa sekarang.

Namun sayangnya, banyak sekali pengguna smartphone yang memaksakan menggunakan smartphone spek rendah untuk bermain game-game berat. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya aplikasi game booster pihak ketiga yang bisa digunakan untuk memaksa komponen bekerja lebih berat dari seharusnya.

Lalu apakah hal tersebut sangat berbahaya? Apakah menggunakan smartphone spek rendah untuk bermain game berat itu merugikan? Bagi anda yang mau tau apa saja risiko yang harus siap anda tanggung, anda bisa baca informasi tersebut lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

3 Risiko Memaksakan Menggunakan Smartphone Spek Rendah Untuk Bermain Game Berat

Memang benar, sekarang ada banyak sekali cara untuk bisa bermain game berat dengan lancar hanya menggunakan smartphone spek rendah.

resiko menggunakan smartphone spek rendah untuk bermain game berat » Pahami Risiko Memakai Smartphone Spesifikasi Rendah Untuk Bermain Game Berat

Namun taukah anda bahwa hal tersebut sebenarnya sangat tidak disarankan. Pasalnya, anda mau tidak mau harus menanggung beberapa risiko yang cukup berat. Berikut ini adalah beberapa risiko yang harus siap anda tanggung jika memaksa bermain game berat menggunakan smartphone spek rendah:

  1. Baterai smartphone menjadi jauh lebih cepat habis dan berpotensi drop

Risiko pertama menggunakan smartphone spek rendah untuk bermain game berat adalah baterai smartphone anda bisa lebih cepat habis.

Dan bukan hanya itu saja, selain baterai jadi lebih cepat habis, smartphone spek rendah yang dipaksa untuk memainkan game-game berat juga berpotensi mengalami masalah baterai drop.

Kenapa? Karena cell baterai akan lebih cepat mengalami kerusakan ketika diisi berulang kali dalam waktu yang cukup dekat.

  1. Baterai smartphone sangat berpotensi untuk meledak

Selain lebih cepat habis dan juga lebih cepat drop, smartphone spek rendah yang dipaksa digunakan untuk bermain game-game berat juga berisiko menyebabkan baterai meledak.

Kenapa? Karena ketika smartphone spek rendah dipaksa digunakan untuk bermain game berat, maka secara otomatis smartphone akan menghasilkan suhu panas melebihi batas normal.

Suhu panas tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi cell baterai. Jika baterai terus menerus terpapar suhu panas tersebut, maka cepat atau lambat baterai bisa meledak dan melukai pengguna smartphone secara langsung.

  1. Kerusakan permanen pada komponen inti smartphone

Yang terakhir, risiko yang harus siap anda terima jika memaksa menggunakan smartphone spek rendah untuk bermain game berat adalah kerusakan permanen pada komponen smartphone tersebut.

Beberapa komponen inti di smartphone sangat mudah mengalami kerusakan karena paparan suhu tinggi. Beberapa komponen yang bisa mengalami kerusakan karena paparan suhu tinggi tersebut adalah CPU dan juga GPU.

Ketika CPU dan GPU mengalami kerusakan, maka smartphone yang anda miliki sudah tidak mungkin bisa digunakan kembali. Pasalnya, kerusakan pada bagian CPU ataupun GPU akan membuat smartphone mati total.

Cara Mengetahui Batas Kemampuan Smartphone Dalam Memainkan Game

Untuk menghindari risiko-risiko yang sudah disebutkan, maka mau tidak mau anda yang sering bermain game menggunakan smartphone benar-benar harus mengetahui batas kemampuan smartphone yang anda miliki.

Lalu bagaimana caranya mengetahui seberapa batasan kemampuan smartphone anda untuk digunakan bermain game? Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui batas kemampuan smartphone anda tersebut:

  • Dari temperature ketika digunakan untuk bermain game

Untuk mengetahui apakah smartphone yang anda miliki aman digunakan untuk bermain game tertentu, anda bisa amati dari temperaturenya.

Jika selama digunakan untuk bermain game tertentu temperaturenya tidak begitu panas, maka smartphone yang anda miliki bisa dikatakan kuat memainkan game tersebut.

Namun jika baru mulai menjalankan aplikasi gamenya saja sudah panas, maka sebaiknya jangan mainkan game tersebut di smartphone anda.

  • Dari performa aplikasi game

Selain dari temperaturenya, anda juga bisa mengamati kuat tidaknya smartphone digunakan untuk memainkan game tertentu dari performa aplikasi gamenya.

Jika aplikasi game tidak bisa berjalan secara smooth, maka dapat dipastikan bahwa sebenarnya smartphone anda tidak kuat memainkan game tersebut.

Jadi bagaimana? Masih beranikah anda memaksa menggunakan smartphone spek rendah untuk memainkan game-game berat? Untuk keselamatan anda sendiri, sebaiknya jangan terlalu memaksakan kemampuan smartphone yang terbatas untuk memainkan game berat.