Inilah Tips Menabung Untuk Biaya Umroh

Berangkat melaksanakan haji atau umrah menjadi mimpi bagi setiap umat muslim, tidak hanya di Indonesia, namun juga seluruh dunia. Biaya umrah yang mahal biasanya menjadi alasan untuk tidak berangkat melaksanakan ibadah sunat muakkad tersebut, padahal jika menabung secara rutin, Anda bisa berangkat dalam jangka waktu yang tidak begitu lama.

Biaya Umroh di 2020

Anda yang ingin berangkat umroh pada tahun 2020, berikut merupakan daftar harga yang harus Anda ketahui. Biasanya banyak jamaah umroh yang berangkat menggunakan jasa travel, sebab lebih terjangkau dan ada pihak yang mengurusi jamaah, mulai dari cara melakukan umroh dan mengatur akomodasi perjalanan.

menabung untuk biaya umroh » Inilah Tips Menabung Untuk Biaya Umroh

Masing-masing travel biasanya memiliki patokan harga sendiri, namun terdapat standar yang mungkin bisa menjadi panduan biaya umroh, antara lain:

  1. Umroh selama satu minggu hingga sembilan hari, biasanya menghabiskan sekitar 18 juta rupiah sampai 22 juta rupiah.
  2. Umroh selama dua minggu, kurang lebih menghabiskan sekitar 23 juta rupiah sampai 25 juta rupiah.
  3. Umroh dengan paket wisata, biasanya berkisar di angka 30 juta rupiah sampai 35 juta rupiah, tergantung dengan tujuan wisata yang hendak di datangi.

Biaya Umroh akan Selalu Naik Tiap Tahunnya

Seperti yang telah diketahui, biaya untuk melakukan umroh tidak pasti untuk setiap tahunnya. Sebab banyak faktor yang membuat biaya umroh setiap tahun terus naik. Hal ini dikarenakan dua hal, faktor inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

  1. Umumnya setiap tahun terjadi inflasi sekitar 3 persen, ini yang kemudian menjadi alasan mengapa umroh maupun haji naik setiap tahun. Akan tetapi kenaikan biaya ini juga akan meningkatkan kualitas dan pelayanan saat penyelenggaraan ibadah haji.
  2. Nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing, juga akan mempengaruhi biaya perjalanan melakukan umroh. Jika rupiah menguat, biaya perjalanan bisa lebih terjangkau, namun jika lemah, harganya bisa lebih mahal dibandingkan dengan biaya sebelumnya.

Tips Menabung untuk Biaya Umroh

Tidak mustahil untuk melakukan umroh saat ini, karena banyak instansi yang sudah menyiapkan tabungan untuk melakukan umroh dan berbagai penunjangnya. Anda yang tertarik untuk melakukan umroh dalam waktu dekat dan ingin biaya umroh tidak terlalu membebani ke depannya, berikut tips menabung yang bisa Anda lakukan.

  1. Mulai Sedini Mungkin

Tentu akan lebih baik apabila Anda mulai untuk menabung sejak dini, sehingga proses pengumpulan dan pengelolaan uang lebih mudah untuk dilakukan. Berikan target berapa jumlah yang harus dicapai setiap bulannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih tertata dalam pengelolaan tabungan.

  1. Disiplin Anggaran

Anggaran untuk berangkat umroh memang tidak sedikit, sehingga Anda harus disiplin dalam menentukan anggaran. Jika memang tidak penting dan menunjang pelaksanaan umroh, sebaiknya Anda mengurangi anggaran atau pengeluaran yang tidak perlu.

  1. Gunakan Emas untuk Mengurangi Resiko Inflasi dan Kenaikan Dollar

Akan lebih baik jika Anda menabung dengan emas, tidak hanya berupa tabungan uang tunai. Harga emas cukup stabil setiap tahunnya, dan bisa naik seiring dengan inflasi. Karena itu harganya tidak akan jatuh dan membuat Anda terus menabung untuk menutupi kekurangannya.

Itulah beberapa tips menabung yang bisa Anda lakukan untuk membuat biaya umroh menjadi lebih terjangkau. Anda yang menabung secara rutin dan menerapkan tips diatas, tentunya dapat melakukan ibadah umroh dalam waktu yang singkat.