Ini Segudang Keunggulan SoC Mediatek Dimensity 1000+

Jika berbicara soal SoC atau chipset yang digunakan di perangkat smartphone maupun tablet, memang chipset besutan Qualcomm adalah chipset yang paling dianggap berkualitas oleh konsumen.

Namun ternyata, diam-diam Mediatek terus berbenah diri. Semakin lama, chipset atau SoC besutan Mediatek makin memiliki banyak keunggulan.

Salah satu bukti bahwa chipset atau SoC besutan Mediatek makin memiliki banyak keunggulan adalah pada chipset Mediatek Dimensity 1000+ yang baru saja diluncurkan.

keunggulan soc mobile mediatek dimensity 1000 plus » Ini Segudang Keunggulan SoC Mediatek Dimensity 1000+

Lalu apa saja keunggulan chipset Mediatek Dimensity 1000+ tersebut? Berikut ini adalah beberapa keunggulan Mediatek Dimensity 1000+ tersebut:

  1. Adanya fitur 5G Ultra Save

Keunggulan pertama yang dimiliki chipset Mediatek Dimensity 1000+ adalah adanya fitur 5G Ultra Save.

Fitur 5G Ultra Save ini adalah fitur khusus yang membuat chipset Mediatek Dimensity 1000+ mampu menyeimbangkan penggunaan modem dengan konsumsi daya baterai.

Dengan adanya fitur 5G Ultra Save, chipset Mediatek Dimensity 1000+ tidak hanya mampu mengunduh data online lebih cepat saja, namun juga lebih efisien dengan mempertimbangkan konsumsi daya baterai.

  1. Adanya fitur Hyper Engine 2.0

Selain urusan jaringan 5G, Mediatek Dimensity 1000+ juga sudah dibekali dengan fitur khusus yang disebut dengan Hyper Engine 2.0.

Dengan adanya fitur Hyper Engine 2.0 tersebut, Mediatek Dimensity 1000+ bisa digunakan untuk bermain game dengan lebih maksimal lagi.

Fitur Hyper Engine 2.0 bukan hanya mendongkrak performa chipset saja, fitur tersebut juga sekaligus mendongkrak network serta respon beberapa komponen sehingga tidak ada delay yang terjadi ketika bermain game.

  1. Adanya fitur MiraVision

Bukan hanya jaringan 5G dan juga performa gaming saja, Mediatek Dimensity 1000+ juga sudah dibekali dengan fitur khusus yang dapat meningkatkan kualitas warna.

Fitur yang dapat meningkatkan kualitas warna yang ditampilkan di bagian display tersebut adalah fitur MiraVision.

Dengan adanya fitur MiraVision tersebut, chipset Mediatek Dimensity 1000+ mampu merubah kualitas gambar SDR ke kualitas gambar HDR.

  1. Sudah mendukung 144 Hz display

Tidak hanya mampu menampilkan warna yang makin berkualitas saja, chipset Mediatek Dimensity 1000+ juga dipastikan sudah mendukung penggunaan display dengan spesifikasi refresh rate hingga 144 Hz.

Dengan mendukung penggunaan display 144 Hz, sudah dapat dipastikan Mediatek Dimensity 1000+ akan banyak digunakan di smartphone flagship dan juga smartphone gaming.

Pasalnya, 2 kategori smartphone tersebut yang paling banyak menggunakan display dengan spesifikasi refresh rate tinggi.

  1. Memiliki fitur AV1 video decoding

Selain unggul di bagian kualitas gambar dan juga dukungan display, chipset Mediatek Dimensity 1000+ juga menjadi chipset pertama yang sudah memiliki fitur AV1 video decoding.

AV1 video decoding ini adalah fitur video terbaru yang saat ini baru didukung Google dan juga Netflix. Kedepannya, AV1 video decoding kemungkinan besar akan menjadi standard baru dalam proses perekaman video.

  1. Dilengkapi dengan fitur multi exposure 4K HDR

Selain membawa fitur audio khusus, chipset Mediatek Dimensity 1000+ juga dilengkapi dengan fitur video khusus yang disebut dengan multi exposure 4K HDR.

Dengan adanya fitur multi exposure 4K HDR, smartphone yang menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1000+ sudah bisa merekam video kualitas 4K dengan menggunakan multi frame.

Kelebihan merekam video kualitas 4K dengan menggunakan fitur multi exposure 4K HDR milik chipset Mediatek Dimensity 1000+ ini adalah video menjadi semakin akurat meskipun diambil dengan kondisi yang berbeda-beda.

  1. Dibekali dengan 4 Stops AI prosesor

Untuk bagian prosesor, chipset Mediatek Dimensity 1000+ juga dibekali dengan fitur khusus yang disebut dengan 4 Stops AI Prosesor.

Yang dimaksud dengan fitur 4 Stops AI Prosesor tersebut adalah digunakannya kombinasi CPU dengan konfigurasi 2 core besar, 3 core kecil, dan juga 1 core super kecil.

Dengan menggunakan konfigurasi CPU tersebut, fitur AI di dalam chipset Mediatek Dimensity 1000+ mampu bekerja optimal di berbagai sektor, terutama sektor kamera dan juga sektor assistant.

  1. Dilengkapi dengan dual band GNSS

Yang terakhir, Mediatek Dimensity 1000+ juga dibekali dengan fitur dual band GNSS. Dengan adanya fitur tersebut, smartphone ataupun tablet yang menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1000+ akan lebih akurat dalam menunjukkan lokasi.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah chipset buatan Mediatek sudah bisa diadu dengan chipset buatan Qualcomm sekarang?