Ini Kelebihan Chipset Qualcomm Snapdragon 765G

Jika dilihat secara seksama, tahun 2020 ini banyak sekali vendor smartphone Android yang meluncurkan smartphone mid range menggunakan chipset besutan Qualcomm seri Snapdragon 765G.

Lalu apa yang membuat banyak vendor smartphone Android memilih membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 765G kedalam perangkat besutannya? Ternyata, chipset Qualcomm Snapdragon 765G tersebut memang memiliki cukup banyak kelebihan.

Apa saja kelebihannya? Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai berbagai macam kelebihan chipset Snapdragon 765G tersebut, anda bisa baca penjelasannya di artikel ini.

5 Kelebihan Chipset Snapdragon 765G Sehingga Menjadi Pilihan Vendor Smartphone Android

Memang ada cukup banyak kelebihan yang membuat chipset Snapdragon 765G lebih sering digunakan sebagai dapur pacu smartphone mid range keluaran tahun 2020.

chipset qualcomm snapdragon 765g » Ini Kelebihan Chipset Qualcomm Snapdragon 765G

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari chipset Qualcomm Snapdragon 765G tersebut:

  1. Dibuat menggunakan teknologi fabrikasi EUV 7 nm

Kelebihan yang pertama dari chipset Qualcomm Snapdragon 765G adalah dari proses pembuatannya. Chipset Snapdragon 765G dibuat menggunakan teknologi fabrikasi EUV 7 nm.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, chipset Snapdragon 765G bisa mengurangi efisiensi konsumsi daya baterai hingga 35% dari chipset pendahulunya.

Jadi dengan dibekali kapasitas baterai yang sama, smartphone yang mengusung chipset Snapdragon 765G bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Chipset mid range pertama yang sudah mendukung jaringan 5G Dual Mode

Beralih dari bagian fabrikasi, kelebihan kedua dari chipset Snapdragon 765G ada pada dukungan jaringannya.

Chipset Snadpragon 765G bisa dikatakan sebagai chipset mid range pertama yang mendukung penggunaan jaringan 5G dual mode sampai saat ini.

Jadi setiap smartphone yang diotaki menggunakan chipset Snapdragon 765G ini sudah bisa menikmati jaringan 5G tipe SA ataupun NSA.

Selain mendukung jaringan 5G, chipset Qualcomm Snapdragon 765G juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur khusus untuk menjaga kestabilan kecepatan jaringan internetnya.

  1. Mengalami peningkatan kinerja pada bagian GPU

Selain bagian efisiensi dan juga dukungan jaringan 5G, chipset Qualcomm Snapdragon 765G juga mengalami peningkatan pada bagian GPU.

Hal ini disebabkan karena mayoritas spesifikasi chipset Snapdragon 765G merupakan warisan dari chipset Snapdragon 865.

Di dalam chipset Snapdragon 765G ini terdapat GPU yang sama dengan yang digunakan pada chipset Snapdragon 865 yaitu GPU Adreno 620.

Selain memiliki GPU yang serupa, chipset Qualcomm Snapdragon 765G juga dibekali dengan HVX dan juga HTA.

  1. Menggunakan konfigurasi CPU 1+1+6

Untuk urusan performa, chipset Qualcomm Snapdragon 765G juga bisa dikatakan mengalami peningkatan dari seri pendahulunya.

Hal tersebut disebabkan karena chipset Qualcomm Snapdragon 765G mewarisi konfigurasi CPU dari chipset Qualcomm Snapdragon 855 yaitu CPU dengan core 1+1+6.

CPU yang dibenamkan di dalam chipset Qualcomm Snapdragon 765G ini adalah jenis Kryo 475 dengan kecepatan core 2.4 Ghz, 2.2 Ghz, dan juga 1.8 Ghz.

  1. Memiliki peningkatan 100% pada bagian AI

Fitur AI menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan di smartphone masa kini. Oleh sebab itu, tidak heran jika chipset Qualcomm Snapdragon 765G menjadi pilihan banyak vendor smartphone.

Hal tersebut disebabkan karena chipset Snapdragon 765G tersebut juga memiliki peningkatan pada bagian AI. Tidak main-main, chipset Qualcomm Snapdragon 765G tersebut mengalami peningkatan pada bagian AI hingga 100%.

Di dalam chipset Qualcomm Snapdragon 765G dibenamkan AI Engine generasi kelima. Dengan mengusung AI Engine generasi kelima tersebut, chipset Snapdragon 765G mampu meningkatkan fungsi AI pada berbagai sektor mulai dari kamera, audio, dan juga performa chipset itu sendiri.

Selain 5 kelebihan tersebut, sebenarnya masih ada satu lagi kelebihan dari chipset Snapdragon 765G yang membuatnya banyak digunakan oleh vendor smartphone. Kelebihan lain dari chipset Snapdragon 765G tersebut adalah memiliki harga jual yang cukup terjangkau jika dilihat dari beragam value yang ada di dalamnya.

Dengan mengusung chipset Snapdragon 765G saja, sebuah smartphone Android mid range sudah memiliki performa hampir setara dengan smartphone flagship.

Jadi bagaimana? Apakah anda masih tertarik untuk memiliki smartphone flagship setelah mengetahui apa saja kelebihan dari chipset Snapdragon 765G yang banyak digunakan di smartphone mid range tersebut?